Pages

Minggu, 30 September 2012

PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW


Salah satu model pembelajaran kooperatif yang bisa digunakan dalam proses belajar mengajar, yaitu type Jigsaw yang dikembangkan oleh Aronson et al. Menurut Lie (2002). Dalam teknik ini guru harus memperhatikan pengetahuan dan pengalaman siswa dan membantu siswa mengaktifkan pengetahuan dan pengalaman itu, agar bahan pelajaran agar lebih bermakna. Siswa juga harus bekerjasama dengan siswa lain dalam suasana gotong-royong dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah informasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi.
Pembelajaran kooperatif model jigsaw merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Dalam model belajar ini terdapat langkah-langkah dalam penyelenggaraannya dimana siswa dibentuk dalam kelompok-kelompok kecil berdasarkan pertimbangan tertentu (Isjoni. 2009).
Langkah-langkah pembelajaran kooperatif model jigsaw yang dikembangkan sebagai berikut:
  1. Para siswa didalam kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing terdiri dari 4 atau 6 orang anggota dan tiap kelompok mempunyai anggota heterogen. baik dan segi kemampuannya maupun karakteristik lainnya, kelompok ini disebut kelompok asal.
  2. Guru menyampaikan materi pelajaran dalam bentuk tugas yang berbeda kepada setiap siswa dari kelompok asal, yang akan dikerjakan di kelompok ahli
  3. Setiap siswa dari kelompok asal pergi untuk membentuk kelompok ahli setiap siswa yang mendapatkan tugas yang sama berkumpul untuk mendalami materi atau tugas secara maksimal. .
  4. Setiap siswa yang berada di kelompok ahli kembali ke kelompok asal dan mengajarkan materi atau tugasnya kepada anggota kelompok lain.
  5. Setelah siswa berdiskusi dalam kelompok ahli maupun kelompok asal, selanjutnya dilakukan presentasi masing-masing kelompok untuk menyajikan hasil diskusi kelompok yang telah dilakukan agar guru dapat menyamakan persepsi pada materi pelajaran yang telah didiskusikan.
  6. Guru memberi tes akhir untuk siswa secara individu.
  7. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok berdasarkan peningkatan hasil belajar.

0 komentar:

Posting Komentar

FREE DOWNLOAD

  • Media Audio Visual
  • Tujuan, Manfaat dan Langkah-langkah Pembelajaran Q...
  • Konsep Dasar Quantum Reading
  • Evaluasi Pembelajaran Membaca dengan Penerapan Qua...
  • Media Pembelajaran Quantum Reading
  • Jenis dan Ragam Drama
  • Manfaat dan Pengembangan Audiolingual Drama
  • Metode Audiolingual Drama
  • Metode Contextual Teaching and Learning (CTL)
  • Metode Cooperative Sript
  • Kelebihan dan Kekurangan Metode Discovery
  • Langkah-langkah Pelaksanaan Metode Discovery
  • Metode Discovery
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE JIGSAW
  • LANGKAH-LANGKAH METODE JIGSAW
  • Lima Unsur Pembelajaran Cooperative Learning
  • METODE JIGSAW
  • Metode Quantum Writing
  • Langkah-langkah dan Kelebihan serta Kekurangan Met...
  • Metode Resitasi
  • MODEL PEMBELAJARAN
  • Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Group Invest...
  • LANGKAH-IANGKAH GROUP INVESTIGATION
  • PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
  • Quantum Teaching
  • Langkah Pembelajaran K-W-L
  • Tujuan dan Prosedur K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)
  • Strategi K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)
  • PENERAPAN TEKNIK ALFA PADA KOMPETENSI DASAR MENULI...
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNIK ALFA
  • LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN TEKNIK ALFA
  • TEKNIK ALFA
  • PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW
  • TEKNIK DAN TUJUAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF
  • PEMBELAJARAN KOOPERATIF
  • LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN TEKNIK DISCUSSION START...
  • KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN TEKNIK DISCUSSION STARTER...
  • TEKNIK DISCUSSION STARTER STORY
  • Kekuatan dan Kelemahan Teknik SQ3R
  • Teknik Membaca SQ3R
  • LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN TEKNIK LNKUIRI
  • JENIS DAN TUJUAN PENGGUNAAN TEKNIK INKUIRI
  • TEKNIK PENGAJARAN INKUIRI
  • Teknik Tell Me What You See
  • Skripsi Bahasa Indonesia
  • Daftar Judul Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Terbaru
  • Free Download Skripsi Bahasa Indonesia
  • Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia
  •